Selamat Datang di http://ghanie-np.blogspot.com Dan Selamat Menikmati Sepenggal Taqdir Dari Anak Kepulauan Ini
Mohon ma'af sebelumnya, sudah lama tidak saya Update, karena masih banyak kesibukan yang harus saya selesaikan.
Sekedar Kata Pengantar :
Kureguk kopi sambil menyelesaikan satu puisi. Kamu di sisiku, menjadi kitab refrensiku. Kubuka halaman hatimu, tak kutemukan kata pengganti yang lebih indah untuk kutulis. Selamat Menikmati...

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM NEED ASSESSMENT BUILDING

Visi : Contoh Visi : Membentuk siswa yang unggul dalam prestasi, berpedoman pada keimanan dan ketaqwaan.

Misi : Contoh Misi :
- Mewujudkan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mewujudkan pengembangan SDM pendidikan
- Selalu berpegang teguh pada norma-norma ke-Agamaan

A. Kesiswaan
Kesiswaan bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan kesiswaan agar kegiatan belajar-mengajar di sekolah dapat berjalan lencar, tertib, dan teratur, serta mencapai tujuan yang di inginkan.
Kesiswaan meliputi antara lain:
a. Penerimaan Siswa Baru,
b. Program Bimbingan dan Penyuluhan
c. Pengelompokan Belajar Siswa
d. Kehadiran Siswa
e. Mutasi Siswa
f. Papan Statistik Siswa,dan 
g. Buku Induk Siswa

B. Administrasi
Administrasi pendidikan adalah segenap proses pengesahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personel, spiritual maupun material yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Jadi di dalam proses administrasi pendidikan segenap usaha orang-orang yang terlibat di dalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu diorganisasikan dan di koordinasi secara efektif. Adapun dalam lembaga ini adalah:
1. Administrasi Pengorganisasian: Rangkaian aktivitas menyusun suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan dari usaha kerja sama itu dengan jalan:
a. Membagi dan mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan
b. Menetapkan dan menyusun jalinan kerja diantara petugas atau sub-sub organisasi
2. Administrasi Kepegawaian: Rangkaian aktivitas mengatur dan mengurus penggunaan tenaga-tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
3. Administrasi Keuangan: Rangkaian aktivitas mengelola segi-segi pembiayaan sampai pertanggung jawaban keuangan dalam usaha kerja sama yang bersangkutan.
4. Tata Usaha: Meliputi kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan berbagai keterangan/data yang dibutuhkan dalam suatu organisasi
5. Hubungan Masyarakat: Rangkaian aktivitas menciptakan hubungan dan dukungan dengan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi

C. Struktur Lembaga
Struktur ini terdiri dari :
1. KEPALA SEKOLAH
2. WK. KEP. SEKOLAH dan yang sejajar dengan ini adalah KOMITE SEKOLAH dan TATA USAHA.
3. KEPAL-KEPALA BAGIAN
4. DIVISI-DIVISI
D. Kurikulum
Kurikulum di SDN Bunga Bangsa mencakup kurikulum nasional dan kurikulum muatan local. Kurikulum nasional merupakan standar nasional yang dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Sedangkan kurikulum muatan lokal merupakan kurikulum yang disusun oleh Dinas Pendidikan Propinsi dan/atau Kabupaten/Kota.
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum (reguler) yang disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, terkait dengan kurikulum dalam lembaga SDN Bunga Bangsa maka diperlukan yang namanya manajemen kurikulum. Manajemen Kurikulum terseut antara lain ialah meliputi :
1. Modifikasi kurikulum nasional
2. Menjabarkan kalender pendidikan
3. Menyusun jadwal pelajaran dan pembagian tugas mengajar
4. Mengatur pelaksanaan penyusunan program pengajaran dan persiapan pelajaran
5. Mengatur pelaksanaan penyusunan program kurikuler dan ekstrakurikuler
6. Mengatur pelaksanaan penilaian
7. Mengatur pelaksanaan kenaikan kelas
8. Membuat laporan kemajuan belajar siswa, dan
9. Mengatur usaha perbaikan dan pengayaan pengajaran.
Untuk itu pada lembaga SDN Bunga Bahagia ini lebih cocok menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan tahun 2008. Dimana dengan kurikulum ini sekolah mampu mengembangkan silabus, KD, Indikator dan RPP semua mata pelajaran dengan standar kurikulum nasional.
Sedangkan, guru mampu mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan standar proses pembelajaran nasional dan sekolah memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten sesuai dengan standar
E. Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti, mengembangkan, mengelola, dan/atau memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan.
Tenaga kependidikan di sekolah meliputi Tenaga Pendidik (Guru), Pengelola Satuan Pendidikan, Pustakawan, Laboran, dan Teknisi sumber belajar.
F. Sarana-Prasarana
Sekolah memiliki sarana-prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar sarana dan prasarana pendidikan nasional.
Adapun sarana yang dibutuhkan dalam SDN Bunga Bangsa ini adalah:
1. Gedung kelas terdiri dari 12 kelas yang masing-masing kelas A dan B
Tiap kelas terdapat:
a. 1 buah papan tulis
b. 35 pasang meja dan kursi siswa
c. 1 pasang meja dan kursi guru
d. 1 buah bendera kebangsaan (merah-putih)
e. 1 buah lambang garuda
f. 1 pasang gambar presiden dan wakil presiden
2. 1 kantor kepala sekolah terdiri dari:
a. Meja Kursi
b. Papan struktur organisasi
c. Almari file
d. 1 unit komputer
3. 1 ruang guru terdiri dari:
a. Meja kursi 20 buah
b. 2 unit komputer
c. 20 buah loker guru
d. Papan tulis 2 buah
4. 1 ruang laboratorium komputer terdiri dari:
5. 1 ruang mushala
6. 3 kamar mandi terdiri dari:
a. 1 guru
b. 2 murid
Sarana-prasarana sekolah ini juga bertugas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi kebutuhan dan penggunaan sarana-prasarana agar dapat memberikan sumbangan secara optimal pada kegiatan belajar-mengajar.
G. Keuangan
Komponen keuangan sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar bersama komponen-komponen lain. Dengan kata lain, setiap kegiatan yang dilakukan sekolah memerlukan biaya.
Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan, perlu dialokasikan dana khusus, yang antara lain untuk keperluan sebagai berikut :
(1) Kegiatan identifikasi input siswa, 
(2) Modifikasi kurikulum, 
(3) Insentif bagi tenaga kependidikan yang terlibat, 
(4) Pengadaan sarana-prasarana,
(5) Pemberdayaan peranserta masyarakat, dan
(6) Pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
H. Personalia
Adapun susunan personalia dalam SDN Bunga Bangsa adalah sebagai berikut:
1. Kepala Sekolah
2. Wakil Kepala Sekolah
3. Staf terdiri dari:
a. Wakil Kepala Kurikulum
b. Tata Usaha
c. Kesiswaan
d. Humas
e. Kepala urusan sarana prasarana
4. Guru Mata Pelajaran
5. Tukang Kebun
6. Satpam
I. Humas (Hubungan Masyarakat)
Sekolah sebagai suatu sistem sosial merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat. Maju mundurnya sumber daya manusia (SDM) pada suatu daerah, tidak hanya bergantung pada upaya-upaya yang dilakukan sekolah, namun sangat bergantung kepada tingkat partisipasi masyarakat terhadap pendidikan. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di suatu daerah, akan semakin maju pula sumber daya manusia pada daerah tersebut. Sebaliknya, semakin rendah tingkat partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di suatu daerah, akan semakin mundur pula sumber daya manusia pada daerah tersebut.
Oleh karena itu, masyarakat hendaknya selalu dilibatkan dalam pembangunan pendidikan di daerah.
Untuk menarik simpati masyarakat agar mereka bersedia berpartisipasi memajukan sekolah, perlu dilakukan berbagai hal, antara lain dengan cara memberitahu masyarakat mengenai program-program sekolah, baik program yang telah dilaksanakan, yang sedang dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan sehingga masyarakat mendapat gambaran yang jelas tentang sekolah yang bersangkutan.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

 
© Sepenggal Taqdir | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger